Kue Kipo, Snack Jogja Yang Melegenda

Kue Kipo, Snack Jogja Yang Melegenda

snack jogja

 

Berbicara mengenai Snack Jogja yang melegenda, Kue kipo adalah salah satu snack yang melekat dengan kota Jogja. Kue kipo terkenal berasal dari daerah Kotagede . Kue kipo adalah jajanan tradisional yang unik, terbuat dari adonan tepung beras dan tepung ketan yang diisi dengan kombinasi gula jawa dan kelapa parut, atau yang sering disebut dengan enten-enten.

Snack Jogja yang khas  ini memiliki warna hijau, namun warna tersebut bukan karena proses penambahan bahan pewarna sintetis, tapi warna hijaunya yang alami berasal dari daun pandan dan daun suji. Ukurannya cukup kecil, sehingga kue ini dapat dimakan sekali gigitan.

Walau tampak kecil dan sederhana, tapi proses pembuatan kue kipo ini cukup sulit dan membutuhkan ketrampilan. Karena adonan kue ini harus dipanggang diatas lempengan tanah liat yang dialasi dengan daun pisang, sebelum diisi dengan enten-enten nya. Proses pengisian ini pun harus cepat dan cekatan karena jika tidak cepat bisa saja adonan kue jadi terlalu kering sehingga tidak bisa ditutup kembali. Dan karena berisikan kelapa parut, maka kue kipo hanya dapat bertahan selama satu hari karena kelapa merupakan panganan yang cepat masam atau basi.

Bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Jogja, oleh-oleh atau snack Jogja untuk kuliner yang paling populer biasanya Bakpia. Tapi ternyata Snack Jogja jajanan khas di kota Jogja tidak hanya bakpia saja. Kue Kipo ini adalah salah satu snack Jogja yang wajib dicoba jika sedang berkunjung ke kota Jogja. Kue Kipo ini bisa ditemukan di Pasar tradisional yang ada di Jogja terutama di daerah Kotagedhe.

Sejarah tentang kue kipo Snack Jogja yang melegenda.

Membahas snack jogja yang melegenda ini, beberapa orang percaya bahwa kue kipo sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram di Jogja. Konon katanya, seorang putri dari kerajaan Mataram mengalami kesulitan untuk makan, sehingga raja mengadakan sayembara bagi rakyatnya untuk membuat berbagai panganan yang kira-kira dapat membangkitkan selera makan sang putri. Salah satu peserta sayembara menciptakan kue kipo ini dan berhasil mendapatkan perhatian dari sang putri. Dan nama kipo berasal dari kata “Iki opo” atau “ini apa” yang diutarakan sang putri saat menanyakan tentang kue kipo ini.

Selain sejarah di atas ada juga cerita tentang sejarah kue kipo versi lain. Yaitu bahwa kue kipo diciptakan oleh Bu Djito, seorang pemilik kios jajanan tradisional di Kotagede pada tahun 1946. Dan nama kipo datang dari para pelanggan yang selalu menanyakan panganan asing ini dengan “iki opo”. Namun kue kipo ini baru mendapatkan popularitasnya pada tahun 1980an, saat Bu Djito mengikuti sebuah pameran makanan tradisional.

Entah cerita mana yang benar mengenai sejarah Kue Kipo snack Jogja yang melegenda  ini,  yang jelas kue kipo yang manis dan lezat ini dapat menjadi alternatif oleh-oleh dari Jogya selain bakpia. Namun yang  perlu diingat, berhubung bahan baku nya ada yang berasal dari kelapa muda, kue kipo ini tidak tahan lama seperti bakpia. Daya tahannya hanya setengah hari saja. Jadi kurang tahan lama jika untuk dipakai oleh-oleh di bawa keluar kota Jogja.

Penasaran bikin Kue Kipo? Berikut ini kami lampirkan resep cara membuat Kue Kipo

Resep Kue Kipo, Snack Jogja yang melegenda.

 Bahan untuk kue kipo :

  • 25 ml air daun pandan dan daun suji ( Bisa juga menggunakan pewarna hijau).
  • 150 ml santan (Panas).
  • 250 gram tepung ketan.

Bahan untuk isi kue kipo :

  • 1-2 lembar daun pandan.
  • 50 ml air.
  • 100 gram gula merah (sisir).
  • 150 gram kelapa muda, diparut panjang.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat dan memasak kue kipo :

  1. Isi kue : Panaskan air bersama gula merah dan daun pandan. Setelah mendidih, masukkan kelapa parut dan garam. Aduk sampai rata, sisihkan.
  2. Selanjutnya, campur tepung ketan dengan santan panas sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk.
  3. Kemudian, tambahkan air daun suji atau pewarna hijau.
  4. Ambil setengah sendok makan adonan kulit, lalu tipiskan.
  5. Masukkan setengah sendok teh adonan isi kedalamnya.
  6. Bentuk kembali adonan kue hingga menjadi bulat.
  7. Panaskan wajan yang sudah diberi alasa daun pisang.
  8. Terakhir, letakkan adonan yang sudah jadi diatasnya dan dengan sedikit ditekan-tekan sampai matang.

NB : Resep ini untuk 30 buah.

sumber : http://nyanyasnackjogja.com/resep/resep-kue-kipo-khas-jogja.html

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *