Oleh – Oleh Snack Jogja

Oleh – Oleh Snack Jogja Terpopuler

Saat berlibur ke kota manapun, terutama Jogja, belum lengkap rasanya kalau belum membeli snack Jogja / oleh-oleh khas di daerah tersebut. Baik makanannya, maupun cinderamatanya. Pada kesempatan kali ini Nyanya Snack Jogja akan membahas dan memberi beberapa informasi mengenai rekomendasi snack jogja / oleh – oleh khas Jogja yang bisa anda jadikan buah tangan saat pulang dari Jogja. Beberapa makanan khas jogja, snack Jogja ataupun souvenir khas jogja bisa anda jadikan oleh – oleh sepulang dari jogja. biasanya untuk para wisatawan yang berkunjung ke Jogja ini lebih memilih oleh – oleh yang tahan lama dan tidak terlalu ribet saat di bawah perjalanan jauh. Untuk makanan khas jogja yang terkenal di antara nya yaitu Gudeg, Bakpia, Geplek dan masih banyak lagi. Berikut beberapa rekomendasi oleh – oleh khas jogja yang bisa anda jadikan buah tangan saat pulang yang bisa anda simak dia bawah ini:

1.Bakpia khas Jogja

snack jogja

Snack Jogja Bakpia ini memang sudah umum dan banyak terdapat di berbagai daerah, namun tidak ada salahnya untuk mencoba bakpia khas jogja ini. Untuk Bakpia di jogja ini yang paling di buru dan terpopuler yaitu bakpia pathuk. yang membedakan Bakpia pathok dengan bakpia pada umumnya yaitu ukuranya yang lebih kecil dan teksturnya yang lebih lembut saat di kunyah. bakpia pathuk ini berasal dari daerah yang bernama pathuk di Yogyakarta.

Bagi kalian yang berminat untuk membeli oleh – oleh bakpia ini, anda bisa menuju ke daerah pathuk Yogyakarta. Bakpia Pathuk ini terdapat bermacam – macam jenis bakpia, namun untuk bakpia yang paling populer yaitu bakpia pathuk 75 dan bakpia pathuk 25. untuk rasa dari bakpia ini juga ada banyak variasi di antaranya yaitu isi coklat, kumbu hitam, keju, dan masih banyak lagi. Selain itu juga di jogja terdapat bakpia terkenal lainnya yaitu bakpia Kurniasari yang berlokasi di dekat terminal lama, Umbulharjo, Yogyakarta. Terdapat juga Bakpia Pojok Bu Prapti yang tidak kalah populer yang bisa anda dapatkan di Jl. Monumen Jogja Kembali (Jl.Monjali) no.54 Karangjati Yogyakarta.

Baca Juga : Snack Jogja / Snack jajan pasar tradisional Jogja.

2. Geplak Khas Jogja

snack jogja

Snack Jogja terkenal lainnya selain bakpia yaitu Geplak. jajanan geplak ini merupakan makanan khas jogja yang populer berbahan dasar kelapa, gula dan pewarna makanan di tambah dengan aroma sesuai dengan selera yang di sajikan dengan warna yang mencolok seperti coklat, pink, kuning, merah tergantung dari rasa dan aromanya. Terdapat banyak varian rasa dari geplak ini yaitu Coklat, nangka, durian, dan juga vanila. Anda bisa memilih rasa tersebut saat membelinya, atau bisa mencampur semua rasa menjadi satu paket.

3. Yangko khas Jogja

snack jogja

Selain geplak terdapat juga snack Jogja yang banyak di buru para wisatawan yaitu Yangko. makanan khas jogja ini merupakan makanan yang berbahan dasar tepung terigu. Yangko khas jogja ini mempunyai cita rasa yang unik, dan rasa yang paling dominan yaitu rasa manisnya. Didalam yangko kita juga dapat merasakan wangi aromanya yang khas. Yangko ini Memiliki bentuk yang kecil dan memiliki tekstur yang kenyal saat kita kunyah dan dapat mengundang sensasi kesenangan saat memakanya.

Makanan ini bersal dari daerah di jogja yang bernama Kotagede, Yogyakarta. Yangko termasuk juga oleh oleh khas Jogja yang paling populer sama seperti jajanan bakpia. Pada awalnya yangko ini berisikan kombinasi cincangan kacang dan juga gula. Namun saat ini, anda bisa menjupai berbagai rasa baru bermunculan untuk memeriahkan cita rasa dari yangko ini . beberapa Varian rasa dari yangko ini biasanya meliputi rasa buah-buahan, seperti strobery, nangka, coklat, durian dan juga melon.

Dalam Proses pembuatan yangko bisa di bilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Hanya saja dalam pembuatanya diperlukan ketekunan, kecermatan serta ketrampilan. Untuk Pembuatanya sendri di perlukan bahan baku tepung ketan, gula yang sudah dicairkan serta aroma sesuai selera. Kemudian Adonan diaduk dengan mesin pengaduk (mixer). Selanjutnya adonan di buat jenang sampai mengental.

Setelah kandungan kematangan dan keketalannya cukup, adonan dituangkan kedalam wadah baskom. Apabila adonan sudah terlihat suam-suam kuku. Selanjutnya dituang untuk dilentreng didinginkan dan di buat melebar tipis. Sesudah dingin baru adonan yang telah jadi itu dipotong-potong. Kemudian dibungkus kertas minyak dan disusun dalam dus yang sudah disediakan.

Jajanan Yangko ini anda bisa dapatkan di Kotagede. Namun anda juga bisa mendapatkan jajanan yangko di beberapa pusat oleh-oleh di Yogyakarta. Seperti lokasi Pathuk Jl Gadjahmada, Jl Mataram maupun pusat oleh-oleh yang menyebar di Yogyakarta.

4. Jadah Tempe Mbak Carik

snack jogja

Oleh oleh khas Jogja lainnya yang juga tidak kalah enak serta murah dan meriah selanjutnya yaitu Jadah Tempe Mbah Carik. Jadah tempe adalah salah satu makanan ciri khas Kabupaten Sleman Yogyakarta. Makanan ini begitu populer serta hanya berada di sekitaran obyek wisata Kaliurang yang ada di lereng Gunung Merapi. Jadah tempe ini memiliki bentuk simpel karna cuma berbentuk olahan ketan yang dilengkapi dengan tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem.

Walaupun Makananini kelihatannya sangat simpel. Namun Jadah Tempe ini mempunyai rasa khas serta nikmat dengan perjalanan peristiwa yang begitu panjang. Terutama untuk penjual Jadah Tempe yang populer yakni Mbah Carik di areal wisata Kaliurang. Pada Awalnya jadah tempe ini sama sekali bukanlah makanan yang populer. Jadah tempe ini baru diperkenalkan oleh Sastro Dinomo atau yang seringkali disapa mbah Carik sekitaran tahun 1950-an di desa Kaliurang.

Dengan harga yang murah dan terjangkau, wisatawan sudah bisa nikmati jadah dan tempe sebagai makanan khas Kaliurang. Di lokasi Kaliurang sendiri, penjual Jadah tempe juga sangat mudah di temukan. Namun cuma ada satu yang populer yakni Jadah Tempe Mbah carik. Makanan ini di rekomendasikan oleh beberapa wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta terutama yang ada di sekitaran Kaliurang. Anda juga dapat membawanya pulang jadi oleh oleh khas jogja murah serta enak untuk keluarga dirumah.

Masih banyak snack Jogja / oleh- oleh khas Jogja lainnya. Artikel ini hanya beberapa diantaranya. Semoga bermanfaat.

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *